Paket Umroh 16 Hari Solo

Melaksanakan ibadah umroh merupakan sesuatu ibadah yang berkedudukan tinggi dalam islam. Sedikit mirip dengan ibadah haji, namun hukumnya bukan wajib dan juga bukan merupakan rukun islam. Tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah umroh. Nah kebetulan bagi Anda yang berdomisili di Solo, kini ada paket umroh 16 hari Solo yang mana pemberangkatan di mulai dari Solo. hajar aswad solo

Syarat Melaksanakan Ibadah Umroh

Secara kaidah bahasa, umroh sendiri memiliki arti makna ziarah atau keberangkatan. Umroh berarti melaksanakan ziarah ke baitullah untuk melakukan ibadah tertentu sesuai syariat agama islam. Sebelum melaksanakan umroh, ada beberapa syarat yang harus calon jamaah penuhi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Beragama Islam

Syarat utama yang harus di penuhi agar bisa melaksanakan ibadah umroh adalah beragama islam. Tanah arab hanya diperuntukkan bagi umat islam, selain islam haram hukumnya menginjakkan kaki di sana.

 

2. Baligh (dewasa)

Pada kenyataannya banyak keluarga yang mengajak anaknya yang masih di bawah umur atau belum baligh untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal itu tentunya boleh-boleh saja. Namun ibadah umroh yang sah hanya bisa dilaksanakan oleh manusia yang sudah baligh.

 

3. Berakal Sehat

Syarat melaksanakan ibadah umroh selanjutnya adalah berakal sehat. Hanya manusia berakal lah yang ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu pihak travel umroh yang menawarkan paket umroh 16 hari Solo biasanya memberlakukan syarat untuk cek kesehatan terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

 

4. Merdeka

Merdeka yang di maksud adalah bukan budak. Seorang budak tidak boleh melaksanakan umroh karena dianggap tidak mampu karena harus sibuk melayani tuannya. Namun ibadah umroh yang dilakukannya bisa dianggap sah apabila telah mendapatkan izin dari tuannya.

 

5. Mampu

Mampu dalam syarat melaksanakan ibadah umroh adalah mampu dalam hal tidak sakit. Sesorang yang akan melaksanakan ibadah umroh harus memiliki jiwa jasmani dan rohani yang sehat. Dalam sebuah hadist Rosulullah SAW telah dijelaskan:

 

“Wahai Rosulullah, sesungguhnya ayahku telah wajib untuk menunaikan haji sementara ia adalah orang yang sudah tua sekali dan tidak mampu untuk duduk di atas kendaraan. Apakah boleh aku menghajikannya?” lalu Beliau bersabda, “Hajikanlah dia.” [4]

 

Maksud dari ayat di atas adalah, apabila seorang mampu dalam finansial untuk melaksanakan ibadah umroh namun tidak mampu dalam hal fisik maka hukumnya boleh digantikan. Seorang lain bisa menggantikan ibadah umroh orang lainnya dengan alasan dan niat menghajikan orang tersebut. Namun pahala yang mengalir terhadap keduanya adalah sama.

 

Kewajiban Yang Harus Dilaksanakan saat Umroh

Wajib umroh adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh jamaah. Jika tidak dilaksanakan salah satunya, maka ibadah umrohnya tidak sah. Adapun wajib umroh adalah sebagai berikut:

6. Berpakaian Ihrom dan Miqat

Ihram adalah niat untuk melaksanakan haji dan umroh dengan mengenakan pakaian tidak berjahit bagi kaum laki-laki. Ihram harus disertai dengan niat. Adapun niat untuk melaksanakan ihram bisa Anda tanyakan kepada pihak travel umroh yang menyediakan paket umroh 16 hari Solo.

 

Sedangkan miqat adalah batasan yang digunakan untuk melaksanakan ihram. Dalam melakukan ihram terdapat tempat-tempat mulai, berhenti sejenak, dan tempat selesai sendiri. Tempat-tempat tersebut dinamakan miqat. Ada empat miqat yang digunakan untuk ihram yaitu Masjid Bir A’li, Rabigh sebelum Juhfah, As-Sail atau Qarnul Manazil, dan Masjid Yamlamlam.

 

7. Meninggalkan Hal Yang di Larang Saat Ihram

Selama melaksanakan ihram, ada beberapa hal yang haram untuk dilaksanakan. Jikalau tidak sengaja melakukannya akan dikenakan sanksi yaitu membayar dam. Namun jika dengan sengaja melakukan hal yang dilarang tersebut, maka jamaah harus membayar fidyah yang telah ditetapkan.

 

Adapun hal-hal yang dilarang ketika sedang melaksanakan ihram adalah sebagai berikut:

  • Untuk laki-laki haram hukumnya mengenakan pakaian berjahit saat melaksanakan ihram. Bagian kepala juga tidak boleh ditutupi dengan kopyah ataupun benda lain. Nabi SAW bersabda:

 

Tidak boleh mengenakan baju, sorban, celana, topi, dan khuf (sarung kaki dari kulit) kecuali orang yang tidak mendapatkan sandal maka diperbolehkan menggunakan khuf dengan sarat memotong dari bawah dua mata kakinya dan janganlah kamu mengenakan pakaian berwarna.”

 

  • Untuk perempuan tidak diperbolehkan menutup wajah dan kedua tapak tangannya. Yang boleh ditutup hanyalah aurotnya saja yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Namun jika memang mendesak dan khawatir jika ada laki-laki yang bukan mahram mendekatinya, maka diperbolehkan kepadanya menutup muka.

 

Masih ada banyak lagi larangan-larangan dalam melaksanakan ihram. Anda bisa download secara gratis di google playstore yaitu aplikasi Hajar Aswad Go. Hajar Aswad adalah biro perjalanan umroh terpercaya berdomisili di Solo yang juga sedang memberikan harga paket umroh 16 hari Solo. Untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan menghubungi kontak kami di bawah ini.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.