Office Solo: Jl. A. Yani no 278 E Banjarsari, Solo | Office Semarang: Jl. Gajah Raya 140A, Semarang
Jam Kerja Senin-Jumat: 08.30-16.30 Sabtu : 08.30-13.00 Minggu/Tanggal Merah : Libur

Hotlline: 0811-2554-044

Paket Umroh Rajab 2019

0 Comments

Paket Umroh Muharram, Safar, Rabiul awal, Rabiul akhir, Jumadil awal, Jumadil akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah, Dzulhijjah

Paket Umroh Rajab 2019

Pengertian umroh menurut bahasa memiliki arti secara luas yaitu mendatangi suatu tempat yang selalu dikunjungi secara sengaja. Pengertian ini merujuk pada sifat umroh yang bisa dilakukan setiap waktu. Menurut pengertian ini, Anda dapat melaksanakan umroh kapan pun seperti bulan Rajab melalui paket umroh Rajab 2019 atau bulan lainnya. Inilah perbedaan antara umroh dengan Haji yang hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Sedangkan menurut agama Islam, umroh merupakan suatu kegiatan mengunjungi kota Mekkah untuk beribadah menggunakan tata cara atau syarat-syarat yang telah ditentukan. Ibadah umroh ini juga disebut sebagai Haji kecil karena memiliki beberapa persamaan dalam tata caranya. Sebagian besar umat muslim mungkin belum mengetahui banyak hal mengenai ibadah yang hanya bisa dilakukan bagi yang mampu saja ini.

Sebagai penganut agama Islam setidaknya mengetahui berbagai hal tentang ibadah umroh ini sebagai pengetahuan akan agamanya. Terlebih jika sudah ada niatan dan ingin melaksanakan ibadah umroh maka hal-hal mengenai Haji kecil ini juga harus diketahui. Bagi Anda yang masih memiliki sedikit wawasan tentang ibadah umroh, berikut ini merupakan beberapa usalan mengenai ibadah umroh.

Syarat Ibadah Umroh

Pada dasarnya, ibadah umroh memiliki persyaratan yang sama dengan ibadah Haji. Diantara persyaratan tersebut terdiri dari yang pertama tentu harus beragama Islam. Umat muslim yang akan melaksanakan umroh juga sudah merdeka dan sudah dewasa atau baligh serta berakal. Persyaratan lainnya adalah memiliki kemampuan dan anggaran untuk melaksanakannya, serta harus ada bekal dan kendaraan dalam perjalanan.

Rukun Dan Wajib Ibadah Umroh

Dalam ajaran agama Islam, rukun memiliki pengertian yaitu hal pokok yang harus dilaksanakan serta tidak boleh ditinggalkan dalam suatu ibadah. Rukun-rukun yang terdapat pada ibadah umroh terdiri dari ihram dengan memulai niat umroh dalam hati, thawaf, sa’i, tahallul, dan yang terakhir adalah tertib. Semua rukun ini harus dilakukan karena jika tidak maka ibadah umroh tidak akan sempurna dan wajib untuk mengulangnya.

Sedangkan hal-hal yang diwajibkan dalam melaksanakan umroh yaitu melakukan ihram sebelum masuk menuju miqat. Selain itu juga memotong sebagian rambut untuk wanita atau menggundulkan rambut bagi laki-laki yang disebut juga dengan tahallul. Berbeda dengan rukun, jika wajib ini ditinggalkan maka tidak perlu mengulangi ibadah umroh. Akan tetapi diharuskan untuk membayar DAM atau denda sebagai penyempurna ibadahnya.

Keutamaan Ibadah Umroh

Bagi umat muslim yang telah melaksanakan ibadah umroh dengan sempurna tentu akan mendapatkan keutamaan pahala. Tak jarang juga terdengar cerita mengenai orang-orang yang kurang memiliki kemampuan secara finansial berjuang sekuat tenaga untuk dapat memperoleh keutamaan pahala umroh. Keutamaan ibadah umroh dijelaskan dalam hadist shahih sehingga kebenarannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Keutamaan pertama dijelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa umroh merupakan ibadah pengampun dosa bagi pelaksananya. Selain itu, Hadist An-Nasaiy dan Ibnu Majah juga menjelaskan bahwa bagi yang melaksanakan umroh merupakan delegasi atau tamu Allah yang doanya akan dikabulkan. Keutamaan lain dikhususkan bagi kaum wanita yang melaksanakan ibadah umroh.

Menurut Hadist yang diriwayatkan oleh An-Nasai menjelaskan bahwa, perempuan yang melaksanakan umroh atau haji diseratakan dengan kaum pria yang berjihad dijalan Allah dalam medan perang. Selain itu masih terdapat beberapa keutamaan lainnya yang diperoleh dalam melaksanakan panggilan Allah untuk beribadah ke Baitullah ini.

Hukum Mengenai Ibadah Umroh

Terdapat perselisihan pendapat diantara para ulama mengenai hukum melaksanakan ibadah umroh bagi umat muslim. Sebagian ulama mengatakan bahwa melaksanakan ibadah umroh merupakan hal yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi yang memiliki kemampuan secara fisik maupun finansial. Sedangkan sebagian ulama lainnya mengatakan bahwa melaksanakan ibadah umroh hukumnya sunnah muakkad.

Namun ulama yang berpendapat bahwa sunnah hukumnya dalam melaksanakan umroh didasarkan pada hadits yang dhoif atau lemah sehingga tidak dapat dijadikan hujjah. Dengan demikian, pendapat yang paling kuat dapat dijadikan acuan yaitu hukumnya wajib umroh sekali seumur hidup bagi yang mampu sama halnya dengan hukum ibadah haji.

Ibadah umroh dapat dilakukan bersamaan dengan ibadah haji yang biasa disebut dengan haji tamattu’ atau haji qiran. Dalam hal ini, jika Anda melakukan haji tamattu’ maka secara otomatis Anda juga melakukan umroh karena sudah termasuk didalamnya. Oleh karena itu, hukum ibadah umroh dapat disetarakan dengan ibadah haji yaitu mewajibkannya bagi yang mampu.

Jika Anda merasa mampu serta memiliki niatan untuk melaksanakan umroh dalam waktu dekat, namun terkendala dalam memilih paket umroh Rajab 2019, maka jangan terlalu dipikirkan. Karena agen travel Hajar Aswad Mubaroq dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda. Kami menyediakan berbagai paket umroh menarik mulai dari umroh reguler, umroh VIP, hingga umroh plus tour spesial.

Jangan khawatir dengan agen travel abal-abal karena kami merupakan agen perjalanan umroh terpercaya yang memiliki layanan aplikasi khusus untuk pengguna jasa kami. Anda dapat mencari aplikasi Hajar Aswad di Google Play dan langsung menginstalnya untuk dapat memilih paket umroh yang Anda butuhkan sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Admin
1
Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? Klik Ikon Whatsapp untuk chat dengan kami. . .
Powered by